Sabtu, 01 September 2012

Metamorfosis belalang

Good morning everyone! kali ini aku mau ngepost lagi, takut blog aku lumutan! haha *garing
oke, aku pengen ngepost tentang metamorfosis belalang ini karena pas kemarin aku dikasih tugas sama guru biology, dan gambar-gambar belalang nya juga ngambil dari website, hehe. Nanti aku cantumkan sumbernya. ^.^oke cekidot!

huh, sebenernya apa sih belalang itu? belalang adalah sejenis serangga yang mirip sama jangkrik, eh jangkriknya mirip belalang deng *apaini
Belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna, yaitu dimana:
Telur>Nimfa>Imago(Belalang dewasa)
Aku ceritain berurutan ya, tentang telur dulu.
telur belalang berasal dari belalang betina *halah._.
Selama proses reproduksi, belalang jantan akan memasuka spermatophorekedalam ovipositor belalang betina. Sperma memasukan sel telur melalu saluran halus yang disebut micropyles.






Setelah telur dibuahi, belalang betina akan menanamkan telur sekitar 1-2 cm. Belalang betina akan bertelur 3-4 hari sampai semua telur dikeluarkan. Belalng betina dapat meletakan hingga ratusan butir selama masa berlelur.



Lanjut ke nimfa belalang. Telur belalang akan menetas dan setelah itu menjadi nimfa, mulanya mifa ini berwarna putih dan setelah terkena sinar matahari nimfa akan berubah menjadi warna khas belalang. Wujud nimfa seperi belalang yang berukuran sangat kecil.





Setelah beberapa lama nimfa belalang terus tumbuh dan berkembang menjadi imago(belalang dewasa) nah, saat proses tersebut belalang akan menagalami proses pergantina kulit 4-6 kali hingga menjadi belalang dewasa yang memilik sayap.











Setelah melewati tahap nimfa, dibutuhkan 14 hari bagi mereka untuk menjadi dewasa secara seksual. Setelah itu hidup mereka hanya tersisa 2-3 minggu, dimana sisa waktu itu digunakan untuk reproduksi dan meletakkan telur mereka. Total masa hidup belalang setelah menetas adalah sekitar 2 bulan (1 bulan sebagai nimfa, 1 bulan sebagai belalang dewasa), itupun jika mereka selamat dari serangan predator. Setelah telur yang mereka hasilkan menetas, daur hidup belalang yang singkat akan berulang.

sumber dari: adearisandi.wordpress.com
ada yang copas ada yang engga. Sekian dan terimakasih :)



0 komentar:

Poskan Komentar